Jelang Launching Pilkada 2020, KNPI Toraja Utara Tegaskan Netralitas Pemuda

0
422

kabarpemuda-id.com, RANTEPAO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toraja Utara akan melaunching tahapan Pilkada serentak Toraja Utara tahun 2020, Sabtu (29/2/2020) lusa.

Lounching yang dirangkaikan dengan pelantikan PPK ini akan dilangsungkan di objek wisata Ke’te Kesu, Kecamatan Kesu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, menegaskan sikap netralitas pemuda di daerah itu selama penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

“KNPI secara tegas dan komitmen menyatakan sikap netral dan tidak memihak salah satu calon kepala daerah yang maju di Pilkada,” kata Wakil Ketua Bidang Politik DPD tingkat II KNPI Toraja Utara, Syahrul Djamaluddin, Kamis (27/2/2020).

Meskipun demikian ujar dia, para pemuda tetap diberikan ruang kebebasan dalam menentukan calon Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara periode 2021-2025.

“Komitmen sikap netral bukan berarti tidak memiliki hak pilih, itu merupakan hak konstitusi setiap masyarakat Indonesia yang dijamin dalam Undang-Undang,” ujar Syahrul akrab disapa Bung Ayyung, yang juga Ketua HIPMI Toraja Utara tersebut.

Sebagai bukti komitmen netralitas KNPI akan mengadakan diskusi publik, yang diperuntukkan khusus untuk para Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara dalam rangka menghadapi Pilkada 2020.

Para bakal calon tersebut akan diundang dan diberikan ruang untuk memaparkan visi dan misi serta program kerja yang dilakukan jika terpilih untuk lima tahun kedepan.

“Tugas KNPI akan mempublikasikan hasil diskusi ini kepada masyarakat melalui media, video, dengan pemberitaan porsi yang sama”, ucapnya.

KNPI Toraja Utara juga mengimbau kepada para pemuda yang akan memberikan hak suara pada 23 September 2020 agar memperhatikan, menimbang dan mempelajari kualitas calon pemimpin tersebut.

Karena ujarnya, setiap hak suara yang diberikan pemuda dan masyarakat pada umumnya akan berdampak langsung selama lima tahun ke depan.

Lebih jauh ia menilai pemuda merupakan salah satu pilar dalam menentukan arah pembangunan suatu daerah, terutama dalam memilih pemimpin lima tahun ke depan.

Oleh karena itu pihaknya berharap komitmen dan sikap netral tersebut mampu diterapkan oleh seluruh pemuda di Toraja Utara untuk menjaga demokrasi yang sehat.

“Semoga dengan launching pilkada serentak KPU betul – betul mengedepankan pemilu yang jurdil sejatinya penyelengara yang berintegritas,” tutup Wakil Ketua KNPI Toraja Utara itu.

Sementara itu Ketua KNPI Toraja Utara, Belo Tarran, berharap komitmen netralitas KNPI tersebut sekaligus ikut serta membantu mengawasi Pilkada di daerah.

“KNPI dan organisasi kepemudaan lainnya memiliki peran strategis dalam membantu menyukseskan Pilkada,” ujar Belo Tarran.

Ketua KNPI Toraja Utara pun juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pilkada 2020 dengan memilih Pemimpin yang berkualitas bukan karena iming-iming lain, apalagi karena politik uang.

“Pilihlah dengan kesadaran hati nurani, perhatikan rekam jejak setiap calon, Jangan karena ada uang, iming-iming sembako, jabatan atau janji proyek. Bahkan jangan memilih hanya karena sekampung menurut hemat saya juga tidak berkualitas,” Tutup Belo Tarran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here