KNPI Toraja Utara Akan Bentuk Lembaga Bantuan Hukum

0
333
Sekretaris KNPI Toraja Utara Michael Kendek, dan Wakil Ketua Komisi Hukum dan HAM KNPI Toraja Utara Randi Tambing.

kabarpemuda-id.com, RANTEPAO – Kabar gembira, DPD II Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Toraja Utara akan membentuk Lembaga Bantuan Hukum (LBH).

Rencana pembentukan bantuan hukum itu diprogramkan Komisi Hukum dan HAM KNPI Toraja Utara yang diketuai, Randi Tambing.

Menurut Randi, tujuan pembentukan LBH pada dasarnya dihadirkan bukan tanpa alasan.

“Tujuan utama adalah untuk membantu masyarakat tanpa memandang status sosial dan ekonomi, terutama mereka yang berkeinginanbpenegakkan keadilan dan kedudukan yang sama di mata hukum,” ujarnya, Sabtu (7/3).

Lanjut Randi Tambing, jika diamati lebih jauh kebanyakan kasus-kasus sering terjadi justru memperlihatkan kalau hukum saat ini mulai tumpul ke atas dan tajam ke bawah.

Randi mengatakan, rencana pembentukan LBH KNPI Toraja Utara tahun 2020 namun belum memastikan waktunya, sambil berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk DPRD, dan mengusulkan ke notaris untuk dibuat akta.

“Kami dari KNPI Toraja Utara akan launching dulu sosialisasikan lembaga bantuan hukum di wilayah Toraja Utara kepada masyarakat secara gratis,” jelasnya.

Ide pembentukan LBH pertama kali dibahas dan diprogramkan di rapat kerja daerah atau Rakerda III DPD II KNPI Toraja Utara di gedung AA Van De Lossdrect beberapa bulan lalu.

Sehingga dari pembahasan itu muncul ide-ide dan pokok pikiran pemuda untuk membentuk LBH KNPI Toraja Utara agar memberikan bantuan hukum kepada masyarakat tidak memandang dari sudut ekomoni.

“Pembahasan pada Perda, kami dari komisi Hukum dan HAM segera koordinasikan ke dinas pemuda dan olahraga kabupaten agar bisa diusulkan pembuatan Perda pemuda agar pemuda di Toraja Utara bisa memiliki dasar pemuda yang berkerja keras, jujur, berintegritas, dan berdaya saing di kanca nasional,” ungkap Randi.

Ini Sekaligus menciptakan pemuda-pemudi berkualitas tinggi menjujung nilai pancasila.

Penulis : Risna Redaksi kabarpemuda-id.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here