Begini Harapan KNPI Sidrap Untuk Rakerda KNPI Sulawesi Selatan

0
173
Ketua DPD KNPI Kabupaten Sidrap, Abdul Jabbar.

kabarpemuda-id.com, PALOPO – Pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulsel periode 2019-2022 di bawah kepemimpinan Nur Kanita Maruddani Kahfi lakukan Rapat kerja daerah (Rakerda) di Kota Palopo, SulSel, Sabtu sampai Minggu (7-8/3/2020).

Rapat kerja daerah (rakerda) XV Provinsi Sulsel yang dipusatkan di kota Palopo secara resmi dibuka oleh walikota, HM Judas Amir.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh walikota disaksikan unsur muspida dan undangan yang hadir. Rakerda yang dihadiri ratusan pengurus dan OKP itu berlangsung di ruang pola Lantai II Kantor Walikota.

Menyikapi kegiatan Rakerda ini, Ketua DPD KNPI Kabupaten Sidrap, Abdul Jabbar berharap hal ini tidak hanya menjadi seremonial belaka.

“Musda ini harus dijadikan momentum untuk mencari pembangunan kaum muda yang visioner, inovatif, dan kreatif,” ujarnya.

“Sehingga semua elemen pemuda baik yang berhimpun dalam OKP, maupun potensi pemuda, akan dapat mengembangkan bakat dan minatnya di bawah binaan KNPI,” kata Jabbar.

Lanjutnya, KNPI harus dijadikan laboratorium yang akan menghasilkan calon pemimpin masa depan.

Olehnya itu, proses kaderisasi dan pembinaan OKP, serta DPD Kabupaten/Kota yang berhimpun harus menjadi prioritas pada agenda KNPI Sulsel ke depannya.

“Kita berharap KNPI tidak dijadikan organisasi transit untuk menjadi batu loncatan bagi segelintir orang, guna memperoleh kekuasaan dan popularitas,” harap Jabbar.

“Kedepannya, KNPI harus menjadi mitra kritis yang solutif untuk pemerintah. Bukan pemuda yang jadi mitra pengekor pemerintah,” paparnya.

Abdul Jabbar yang juga merupakan dosen UMS Rappang menambahkan jika segala dinamika kemungkinan akan terjadi di hasil Rakerda ini nantinya ada penyatuan kelembagaan.

“Sikap saling kritis kita sebagai pemuda Sulsel bisa saja terjadi, itu dinamika. Namun yang terpenting adalah KNPI Sulsel tidak boleh terpecah belah, kita harus saling merangkul untuk kemajuan pemuda Sulawesi Selatan,” tegasnya.

Jabbar juga berharap KNPI menjadi wadah organisasi kepemudaan (OKP) dalam mewujudkan generasi muda yang punya kualitas intelektual yang baik dan mempunyai jiwa nasionalisme,” imbuhnya.

“Serta ikut berperan nyata dalam pembangunan bangsa,” tutupnya.

Lanjut Jabbar, bahwa program-program KNPI kedepan akan merujuk pada Visi Besar KNPI SulSel pada periode kali ini yaitu mewujudan SulSel sebagai Provinsi Layak pemuda.

“Program kerja nantinya akan berbasis output (hasil), termasuk salah satu targetnya adalah mendorong hadirnya Peraturan Daerah tentang pemberdayaan kepemudaan. Semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar dan sukses,” harapnya.(*/KP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here