Peduli Toraja, Pemuda di La’bo’ Kampanyekan Adat dan Budaya Lewat Youtube

0
1974
Aprias Bunganna, pemiliki akun youtube BungArb Channel.

KABARPEMUDA, LA’BO’ – Banyak cara yang dilakukan pemuda untuk melestarikan adat dan budayanya, salah satunya dengan merekam video dan dipublikasikan di akun youtube agar sosialisasi dan kampanyenya dapat disebar secara gampang.

Diketahui Aprias Bunganna, Mahasiswa UKI Toraja yang mengambil jurusan Theologia ini, memiliki akun youtube nama BungArb Channel, berisi tentang konten video adat istiadat orang Toraja yang menjadi peninggalan para leluhur masyarakat Toraja.

Ia mengatakan bahwa akun youtube yang dibuatnya tersebut sebagai bentuk untuk melestarikan adat istiadat Toraja melalui Youtube yang adalah situs web video sharing (berbagi video) yang populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video.

“Tujuan saya membuat konten youtube seperti ini supaya orang lain juga bisa mengetahui adat istiadat orang Toraja, namun hanya saja tantangan yang harus di hadapi itu karena masyarakat Toraja memiliki banyak adat istiadat. Sehingga setiap daerah itu memiliki adat istiadat masing-masing,” Kata Aprias Bunganna, kepada kabarpemuda-id.com, Minggu (8/3).

Aprias juga mempunyai harapan supaya pemuda-pemudi sekarang, khususnya di Toraja bisa mencintai dan menghargai adat yang melekat pada dirinya.

“Saya sangat berharap khususnya bagi pemuda saat ini yang sudah mulai banyak meninggalkan atau mungkin tidak mengetahui apa makna dan apa arti dari suatu kegiatan maupun suatu benda peninggalan leluhur masyarakat Toraja. Saya harap mereka banyak mempelajari dengan benar-benar sehingga tidak hanya menggunakan tetapi tidak mengetahui artinya, Lewat channel ini teman-teman boleh mengetahui arti sebenarnya dari adat tersebut,” Tutup Aprias.

Penulis : Yirman kabarpemuda-id.com
Editor : Jufri Tonapa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here