KNPI Toraja Utara Dorong PERDA Pemuda hadir di Kabupaten Toraja Utara.

0
477
Ketua KNPI Toraja Utara Belo Tarran Menyerahkan Draf Perda Pemuda kepada Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Harli Patriatno

KABAR PEMUDA-ID.COM, RANTEPAO – Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Toraja Utara melalui Komisi Hukum dan HAM mendorong hadirnya Peraturan Daerah (PERDA) tentang kepemudaan kepada Pemerintah Kabupaten Toraja Utara.

Ketua KNPI Toraja Utara Belo Tarran didampingi Wakil Ketua Hukum dan HAM Randy Tambing, SH. Menyerahkan draf PERDA Pemuda Toraja Utara kepada Dinas Pemuda dan Olahraga yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Harli Patriatno seusai menggelar acara lounching Gerakan Pemuda Cinta Budaya Sabtu, 27/06/2020.

“Melalui program kerja, KNPI mendorong Kabupaten Toraja Utara secepatnya memiliki PERDA yang mengatur tentang pemuda. Harapan kami ada payung hukum yang mengatur secara spesifik tentang pengembangan dan pembangunan kepemudaan di Toraja Utara. Ini sangat penting guna meningkatkan pembinaan terhadap generasi muda termasuk pengalokasian anggaran dipertegas untuk organisasi Kepemudaan (OKP).” Kata Belo kepada Kabar Pemuda.

Lanjut kata dia, selama ini keberpihakan terhadap anggaran pemuda masih jauh dari harapan.

“Akibatnya kualitas SDM Pemuda Toraja belum maksimal, persoalan-persoalan sosial belum mampu kita atasi secara maksimal karena kurangnya kegiatan-kegiatan kepemudaan, bagaimana mungkin kita mau membuat kegiatan-kegiatan positif yang mengarah pada pembinaan generasi muda jika alokasi anggarannya saja sangat minim. Hadirnya Perda ini semoga mempertegas keperpihakan Pemerintah Toraja Utara kepada pemuda.” Ucap Belo.

Senada dengan itu Wakil Ketua Bidang Hukum dan HAM mengatakan melalui Komisi Hukum dan HAM telah membuat draf PERDA Pemuda ini, tahapannya diserahkan terlebih dahulu kepada Dinas Pemuda dan Olahraga untuk selanjutnya diprogramkan pada tahun anggaran 2021.

“Tentu proses ini tidak instan, kami Komisi Hukum dan HAM terlebih dahulu menyerahkan draf kepada dinas terkaid, selanjutnya nantinya dinas terkaid mendorong kepada DPRD Kabupaten Toraja Utara untuk dibahas. Kami yakin DPRD Kabupaten Toraja Utara akan merespon positif ini dan akan membahasnya pada tahun 2021. Semoga tahun 2022 Kabupaten Toraja Utara sudah memiliki Perda tentang pemuda.” Ungkap Randy Tambing.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga sangat merespon positif langkah KNPI Toraja Utara  dalam upaya menghadirkan PERDA Pemuda.

“Melalui Dinas Pemuda dan Olahraga, PERDA Pemuda akan kami usulkan kepada DPRD Kabupaten Toraja Utara untuk dibahas, tahun depan kita akan usulkan dan anggarkan, semoga saja disetujui oleh DPRD Kabupaten Toraja Utara.”  Tutup Harli

Redaksi KabarPemuda-id.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here