Memperingati Hari Pahlawan Nasional Pongtiku, KNPI Toraja Utara harapkan Pembangunan Jalan Terwujud.

0
607

KABARPEMUDA-ID.COM, PANGALA’ – Memperingati Hari Pahlawan Nasional Pongtiku yang jatuh pada tanggal 10 Juli, KNPI Toraja Utara harapkan Pembangunan Jalan menuju Pangala’ segera terwujud.

Hal ini diungkapkan Ketua DPD II KNPI Toraja Utara Belo Tarran seusai menghadiri Upacara Peringatan hari Pahlawan Nasional Pongtiku di pelataran Makam Pongtiku, Pangala’,  Jumat, 10/07/2020 pagi.

“Pongtiku adalah satu-satunya Pahlawan asal Toraja yang diakui secara Nasional, ini adalah kebanggaan kita bersama khususnya masyarakat Toraja. Generasi sekarang harus menghargai jasa-jasa beliau, Jalan menuju kampung kelahiran Pongtiku seharusnya diperbaiki dan menjadi prioritas baik itu skala daerah maupun skala Nasional.” Kata Belo kepada Kabar Pemuda.

Lanjut kata dia, bentuk penghargaan terhadap jasa-jasa Pahlawan harus nyata tanpa terkecuali termasuk Pahlawan Nasional Pongtiku.

“Seusai Upacara, tadi kami Pemuda sempat diskusi dengan Sekda Toraja Utara, Rede Roni Bare. Pelataran Makam Pahlawan Pongtiku perlu direnovali dan diperbaiki. Tujuannya adalah untuk memberikan rasa nyaman kepada setiap generasi yang ingin berkunjung dan berziarah ke Makam Pahlawan Pongtiku. Bagi saya ini penting, supaya rasa nasionalis pemuda tidak luntur dan selalu mengingat dan mengenang jasa Pahlawannya.” Ungkap Belo.

Pongtiku yang akrab dipanggil Ne’ Baso, oleh Pemerintah Kabupaten Tana Toraja mengangkat Pongtiku  sebagai Pahlawan Daerah pada tahun 1964. Tahun 1970, tugu penghormatan didirikan di tepi sungai Sa’dan di Ringding Baru, Singki’ Kecamatan Rantepao. Kemudian dinyatakan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia melalui Dekrit Kepresidenan 073/TK/2002 tanggal 6 November 2002.  (*)

Redaksi Kabarpemuda-id.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here