Kerbau ‘Buron’ Pertahankan Lapangan Gembira

0
2065

KABARPEMUDA.ID, TALLUNGLIPU –  Dalam mempertahankan sengketa Lapangan Gembira (Rante Menduruk/eks. Pacuan kuda) berbagai cara dilakukan untuk menarik simpati dan perhatian masyarakat Toraja, tidak terkecuali Tim Bangsa Damai.

Salah satu cara unik yang dilakukan Tim Bangsa Damai adalah lewat Advokasi adu kerbau (ma’pasilaga teddong)  pada Upacara Rambu Solo’ Almarhum Nek Bura yang dilaksanakan di Tongkonan Rante Limbong, Balebo, TallungLipu, Toraja Utara, Rabu 26 Agustus 2020.

Kerbau jenis pudu’ (hitam) menjadi media advokasi  untuk menyampaikan semangat masyarakat adat Toraja untuk mempertahankan  tanah adat “Rante Menduruk”  (kini disebut Lapangan Gembira).

Pada badan kerbau pudu’ milik Ivan Kurniawan yang diberi nama Buron (Tim Bangsa Damai) tertoreh sebuah kalimat “#SaveLapanganGembira” yang ditulis menggunakan pilox.

Presiden Tim Bangsa Damai, Rajus Bimbin menjelaskan bahwa alasan  advokasi lewat badan kerbau yang bernama buron semata-mata untuk membangkitkan semangat masyarakat Toraja dalam mempertahankan Lapangan Gembira.

“kita berikan dukungan kepada Pemda Toraja Utara, Masyarakat Toraja Utara dan Himpunan Mahasiswa Toraya Indonesia yang saat ini tengah memperjuangkan tanah lapangan Gembira yang saat ini dilakukan upaya peninjauan kembali di Mahkamah Agung”, kata Rajus kepada kepada kabar pemuda, Kamis, 27 Agustus 2020.

Rajus juga menambahkan rupanya dalam laga tersebut Buron memenangkan pertarungannya yang diringi sorak sorai pendukungnya.

“Semoga ini pertanda baik, bahwa tanah Lapangan Gembira akan di menangkan Pemerintah Toraja dan Kami dari Team Bangsa Damai mengambil langkah untuk menyuarakan semangat perjuangan ini melalui nafas budaya Toraja,” tutup Rajus.

Redaksi Kabarpemuda.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here