Alan Christian Singkali: KNPI Cup 2021 Hidupkan Semangat Sportivitas, Mereduksi Unsur Negatif

0
101

KABARPEMUDA.ID, RANTEPAO – Salah satu pengurus Organisasi Pemuda Toraja Indonesia (PTI), Alan Christian Singkali akrab disapa Bung Alan turut menyaksikan pertandingan 8 besar KNPI Cup di Lapangan Kodim 1414 Tana Toraja, Kecamatan Rantepao, Jumat 22 Oktober 2021.

Turut hadir Brikken Linde Bonting pengurus Gerakan Milenial (GM) Sang Torayaan sekaligus mantan Ketua KNPI Toraja Utara 2 periode.

Setelah menyaksikan pertandingan tim kesebelasan DPK Tikala vs DPK Kesu’ dengan skor 3-0 dimenangkan Kesu, Bung Alan mengapresiasi kegiatan-kegiatan dilakukan KNPI, termasuk KNPI Cup dalam rangka menyambut hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2021 mendatang.

“Semoga KNPI Cup tetap berjalan di tahun-tahun yang akan datang, karena saya melihat ini dapat mengalihkan energi muda yang sebelumnya disalurkan untuk hal-hal yang kurang positif,” ujarnya.

Mahasiswa Pasca sarjana UKSW Salatiga itu menjelaskan jika karakter sportif anak muda Toraja tergambar dalam berbagai pertandingan rakyat seperti adu kerbau, adu ayam dan lainnya.

“Adanya KNPI Cup akan tetap menghidupkan semangat sportivitas dengan mereduksi unsur negatif (judi), dan kami berharap KNPI Toraja Utara tidak terpengaruh dengan perpecahan KNPI di pusat,” pesannya.

Alan mengimbau agar pemuda atau generasi muda SangTorayan tetap berkreasi untuk pemuda dan mendukung Kongres Persatuan Pemuda yang akan segera dilaksanakan kedepan.

Alan juga menyampaikan pasca deklarasi pemuda Toraja se-Indonesia di Musyawarah Besar IV PMTI, pemuda terus melakukan konsolidasi organisasi, sehingga keterlibatan penuh pemuda dalam mempersiapkan serah terima kepengurusan pusat PMTI di kampus UKI Toraja tanggal 18 Oktober 2021 lalu yang dihadiri Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto.

“Meneguhkan loyalitas pemuda Toraja sebagai sayap PMTI untuk mewujudkan visi sang-Torayan,” ungkapnya.

Para inisiator hadir pada pengukuhan pengurus PMTI periode 2021-2026 juga telah menyampaikan rencana Kongres Pemuda Toraja kepada Ketua Umum, Mayjen TNI Purn Yulius Selvanus Lumbaa dan Sekjen Dating Palembangan, yang memungkinkan diselenggarakan berbarengan Rakernas PMTI tahun 2022.

“Harapan kami agar pemuda dan pengurus pusat PMTI dapat terus berjalan bersama, sesuai asas Misa Kada Dipotuo Pantan Kada Dipomate,” tutup Alan. (*) 

Penulis: Efraim
Editor: Redaksi KabarPemuda.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here