Manfaatkan Lahan Kosong, Pemuda Tondon Panen Lada Katokkon

0
346

KABARPEMUDA.ID, TONDON – Di tengah Pandemi Covid-19, sejumlah pemuda di Kecamatan Tondon, Kabupaten Toraja Utara memanfaatkan lahan yang kosong untuk dijadikan lahan kebun. Hasilnya, sejumlah pemuda Tondon telah memanen Lada (cabe) katokkon dan telah dipasarkan.

Mereka mengelola kebun seluas 15×25 m dan menanam sekitar 300 pohon lada (cabe) katokkon. Awalnya inisiatif berkebun muncul dari salah satu pemuda yang bernama Otto, setelah sukses dan berbuah dan hasilnya memuaskan lalu mengajak pemuda lainnya.

“Untuk memaksimalkan potensi pemuda, kami membentuk kelompok yang bernama ANPAS (Anak Pastori). Banyak pemuda yang bergabung dalam kelompok ini”, kata Otto kepada Kabar Pemuda, Selasa (29/9/2020).

Ke depannya, Kelompok ANPAS akan terus mengajak anak-anak muda lainnya untuk memanfaatkan lahan-lahan yang kosong.

“Apa yang telah kami lakukan ini adalah bukti bahwa tanah di Toraja ini sangat subur. Lada Katokkon yang kami panen ini buahnya sangat besar dan  sangat memuaskan, tinggal kemauan saja, masih banyak lahan-lahan yang kosong yang dibiarkan begitu saja. Berharap itu dimanfaatkan”. Tutup Otto.

Gebrakan pemuda ini mendapat respon positif masyarakat, “pemuda-pemuda seperti ini yang perlu kita dukung, mereka kreatif dan betul-betul kerja keras”, sahut Topan SL, salah satu tokoh masyarakat setempat. (*)

Penulis: Rante

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here