Dukung Visi Misi Bupati Terpilih, Dispora Torut Gelar Forum Perangkat Daerah

0
295
Dari kiri, Israel Makole Anggota DPRD Torut, Harli Patriatno Kadis Dispora Torut, Avianti Toding kabid Sosbud Bapeda Torut

KABARPEMUDA.ID, RANTEPAO – Untuk mendukung Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih Yohanis Bassang-Frederik Viktor Palimbong, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Toraja Utara menggelar Forum Perangkat Daerah di Rumah Makan Ayam Penyet, Kamis (04/03/2021).

Adapun maksud dan tujuan dari Forum Perangkat Daerah ini adalah untuk menyusun rencana kerja Dinas Pemuda dan Olahraga untuk tahun 2022.

Semua Organisasi Pemuda yang berhimpun di dalam KNPI Toraja utara  dan Organisasi Cabang Olahraga yang berhimpun di KONI Toraja Utara, serta beberapa organisasi pemuda lainnya turut diundang dapat Forum Perangkat Daerah tersebut. Selain itu para Camat se-Toraja Utara juga turut hadir.

Hadir sebagai pemateri, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Toraja Utara Harli  Patriatno, Komisi I DPRD Toraja Utara Israel Makole dan Kabid Sosbud Bapeda Toraja utara Avianti Toding.

Dalam pemaparannya, Kadis Pemuda dan Olahraga Kabupaten Toraja Utara Harli Patriatno mengatakan bahwa tujuan dari Forum Perangkat Daerah ini adalah untuk menindaklanjuti Musrembang Kecamatan tahun 2021 dan dalam rangka penyelarasan program dan kegiatan, penetapan indikator dan target kinerja peningkatan sinergitas dan optimalisasi pencapaian sasaran sesuai denga tugas dan fungsi  Dinas Pemuda dan Olahraga.

“Kegiatan ini pertama kali dilaksanakan oleh Dispora Toraja Utara, mengundang seluruh organisasi pemuda, organisasi cabang olahraga  untuk mendengar masukan dan saran dari pemuda untuk rencana kerja Dispora tahun 2022, selain itu Forum Perangkat Daerah ini untuk mendukung Visi dan Misi Bupati Terpilih yang terfokus terhadap pembangunan dan pengembangan SDM yang terfokus terhadap pemuda”, kata Harli dihadapan peserta.

Dalam sesi  diskusi, Ketua KNPI Toraja Utara Belo Tarran mengapresiasi langkah Dispora yang telah melaksanakan kegiatan Forum Perangkat Daerah. Dalam kesempatannya, Belo menyampaikan perlu adanya sebuah Perda Pemuda yang mengatur tentang pengembangan kepemudaan di Toraja Utara.

“Berharap DPRD Kabupaten Toraja Utara dapat membahas dan mensahkannya dalam tahun ini, karena usulan Perda Pemuda telah diajukan oleh Dispora. Saya pun berharap dana-dana aspirasi anggota DPRD Toraja Utara lebih difokuskan terhadap pembangunan SDM, selama ini hanya terfokus terhadap pembangunan fisik. Banyak persoalan yang dihadapi oleh generasi muda diantaranya penyakit sosial, judi, narkoba dan akhir-akhir ini maraknya kasus bunuh diri. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya sarana dan kegiatan-kegiatan yang dapat memberikan ruang kreatifitas dan aktualisasi diri pemuda”, ungkap Belo.

Sementara itu, Wakil Ketua KNPI Toraja Utara Meisel Basongan berpendapat selama ini Dispora kurang fokus dalam mengurus pemuda. Meisel mengatakan jika Dispora hanya melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat ceremonial saja, sebaiknya Dispora jangan dijadikan satu dinas, melainkan cukup satu bagian dan disatukan di Dinas Pendidikan.

“Dispora harus betul-betul menjadi sebuah dinas yang mengurus pemuda secara keseluruhan”, ungkap Meisel yang juga merupakan mantan Pengurus Pusat PPGT.

Pada kesempatan tersebut, Israel Makole menanggapi seluruh penyataan-pernyataan dari peserta forum.

“Saya sepakat dengan peserta Forum, saatnya kita harus fokus terhadap pembangunan sumber daya manusia, pemuda harus kita berdayakan, dan sangat sepakat pemuda adalah aset bangsa. Saran dan masukan dari peserta Forum Perangkat Daerah ini, akan kami bahas dan perjuangkan di DPRD nantinya”. Tutup Israel Makole. (*)

Redaksi Kabarpemuda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here