Kepala Basarnas Sul-Sel Kukuhkan 75 Relawan Tim Siaga Bencana PPGT

0
483
Kepala Basarnas Sulawesi Selatan Djunaidi, S.Sos., MM. Saat Mengukuhkan Tim Siaga Bencana PPGT

KABARPEMUDA.ID, RANTEPAO – Sebanyak 75 relawan Tim Siaga Bencana Persekutuan Pemuda Gereja Toraja (PPGT) dikukuhkan Kepala Basarnas Sulawesi Selatan  Djunaidi, S.Sos., MM. di Tangmentoe, Toraja Utara, Minggu (11/04/2021).

Pengukuhan Tim Siaga Bencana PPGT dilakukan setelah seluruh relawan melewati Pendidikan dan Pelatihan Search and Rescue (Diklat SAR) oleh Basarnas Sulawesi Selatan yang dilaksanakan sejak tanggal 09-11 April 2021.

Pengukuhan dihadiri PLH Bupati Toraja Utara Rede Roni Bare, Anggota DPRD Propinsi Sulawesi Selatan Sarwindye Biringkanae,Kepala BNPB Toraja Utara, KNPI Toraja Utara, KNPI Tana Toraja, Organisasi Cipayung terdiri dari GMNI, PMKRI dan GMKI.

Dalam sambutannya, Kepala Basarnas Sulawesi Selatan, Djunaidi mengatakan semua peserta dinyatakan lulus  dengan nilai yang sangat memuaskan.

“Semua peserta yang berjumlah 75 orang, kami nyatakan semua lulus dan mendapatkan nilai yang sangat memuaskan dengan nilai diatas 90”.

Lanjut kata Djunaidi, semua peserta yang telah mengikuti  Diklat SAR dan dinyatakan lulus akan terdaftar di Basarnas Pusat sebagai Tim Potensi.

“Semua yang dinyatakan lulus akan terdaftar di Basarnas Pusat sebagai Tim Potensi, nama-nama mereka akan terintegrasi dengan sistem dan bilamana ada perekrutan pegawai Basarnas, mereka yang ikut mendaftar akan menjadi prioritas”.

Tim Siaga Bencana PPGT saat mendapatkan Diklat SAR dari Basarnas Sulawesi Selatan yang dilaksanakan tanggal 09-11 April 2021

PLH Bupati Toraja Utara Rede Roni Bare dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Basarnas Sulawesi Selatan yang telah berperan langsung serta melatih pemuda dalam menghadapi setiap bencana.

“Kehadiran Tim Siaga Bencana PPGT akan sangat membantu pemerintah dalam menangani setiap bencana yang terjadi khususnya diwilayah Tana Toraja dan Toraja Utara. Terima kasih kepada Basarnas Sulawesi Selatan telah hadir dan telah melatih pemuda dalam menghadapi setiap bencana”.

Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Sarwindye Biringkanae sangat mengapresiasi Kegiatan Diklat SAR PPGT.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan Diklat SAR PPGT ini, kita tahu bersama Toraja rawan bencana lonsong dan banjir, kegitan ini merupakan hal yang sangat luar biasa. Yang harus diingat oleh Tim Siaga Bencana PPGT adalah keiklasan dalam  melakukan misi kemanusiaan dan harus berbaur dengan masyarakat. Pemuda harus memahami kondisi alam, bukan hanya untuk daerah Toraja tetapi juga untuk Negara. Yang dikukuhkan saat ini, bagi saya kalian yang terbaik, kalian luar biasa, dan saya yakin keberadaan kalian akan sangat dibutuhkan masyarakat”.

Tim Siaga Bencana PPGT bersama undangan yang hadir dalam Pengukuhan

Ketua 1 BPS Gereja Toraja Pdt. Alfred Anggui mengapresiasi terbentuknya Tim Siaga Bencana PPGT, menurutnya tim ini akan berkolaborasi dengan Crisis Center Gereja Toraja,

“Selama ini Gereja Toraja melalui Crisis Center telah terlibat dalam berbagai bencana seperti Tsunami Palu, Banjir Bandang Masamba dan Gempa Sulbar. Crisis Center Gereja Toraja bergerak dengan modal semangat tanpa dibekali pengetahui dalam penanganan bencana. Kehadiran Tim Siaga Bencana PPGT ini akan sangat membantu Crisis Center Gereja Toraja dalam menjalankan misi kemanusiaan. Dapat dibayangkan, meskipun hanya 75 orang yang dikukuhkan hari ini, akan tetapi mampu membantu 7.500 orang dalam setiap bencana, itu sesuatu hal yang luar biasa”.

Dalam laporannya kepada peserta yang hadir, Ketua Umum PPGT Jerry Parimba mengatakan Tim Siaga Bencana PPGT akan menjadi bagian dari Crisis Center Gereja Toraja.

“Tim Siaga Bencana PPGT akan menjadi bagian dari Crisis Center Gereja Toraja dalam menjalankan misi kemanusian, Tim ini akan menjadi garda terdepan”.

Kepada Kabar Pemuda, salah satu peserta Tim Siaga Bencana PPGT yang telah dikukuhkan Pdt. Roni mengatakan ini adalah pengalaman pertama dalam mengikuti Diklat SAR.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Basarnas Sulawesi Selatan dan Crisis Center Gereja Toraja yang telah mensupport kegiatan ini. Ke depannya Ini akan sangat bermanfaat bilamana terjadi bencana alam. Tim Siaga Bencana PPGT akan selalu siap kapanpun dibutuhkan”, Ucap  Pdt. Roni. (*)

Penulis: Efraim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here